TUGAS MANDIRI
COMPANY PROFIL PT. PCI ELEKTRONIK INTERNASIONAL
BATAM
![Image result for logo upbatam](file:///C:\Users\DOKTRI~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
DISUSUSN
OLEH
NAMA : DOKTRIS EKA PUTRA.S
NPM : 130410068
KODE
KELAS : 161-EK542-M3
TEKNIK INDUSTRI
UNIVERSITAS PUTERA BATAM
2017
Company Profil PT. Pci Elektronik Internasional Batam
PT PCI Elektronik Internasional adalah perusahaan anak perusahaan dari PCI
Limited. PCI Limited merupakan Elektronik Manufacturing Services (EMS)
perusahaan terkemuka yang berkantor pusat di Singapura dengan 25 tahun
pengalaman manufaktur di Batam. Kami melayani pelanggan OEM global, menawarkan
jasa desain / manufaktur untuk telekomunikasi, otomatisasi kantor, industri,
otomotif dan sektor medis.
Sejarah
Kami mulai sebagai produsen papan sirkuit cetak di jantung Silicon Valley, San
Jose, pada tahun 1972. Sebagai permintaan untuk teknologi tinggi meledak, kami
menambahkan manufaktur LCD dan elektronik kontrak untuk berbagai layanan kami.
Kami adalah salah satu perusahaan pelopor untuk mengidentifikasi Batam,
Indonesia sebagai lokasi hemat biaya. Pabrik Batam kami didirikan pada tahun
1990 dan terus beroperasi hari ini.Pada tahun 1994, kami pergi publik dan
menjadi tercatat di Bursa Efek Singapura.
Pada tahun 2000, kami melakukan divestasi kami PCB dan manufaktur LCD lengan
untuk sepenuhnya fokus pada kontrak manufaktur elektronik. Kami juga meramalkan
munculnya Cina sebagai pabrik dunia dan mulai pabrik Shanghai kami pada tahun
2000. Hari ini, kita tumbuh melampaui menyediakan layanan hanya manufaktur;
kami memiliki solusi desain yang dapat digunakan untuk keuntungan klien kami.
PCI adalah
penyedia mampu dan dapat diandalkan elektronik global layanan manufaktur. Kami
membantu Anda membawa produk ke pasar tepat waktu, dengan harga yang tepat dan
dengan kualitas terbaik.
Visi PCI
Menjadikan
perusahaan terkemuka di seluruh dunia.
Misi PCI
PCI bertujuan
untuk menjadi teknologi tinggi global yang perusahaan jasa manufaktur
elektronik terkemuka.
PCI memberikan
kualitas tinggi, nilai tinggi dan solusi rantai pasokan tepat waktu dengan
biaya yang kompetitif.
Strategi PCI
adalah untuk memperluas kompetensi inti melalui aliansi dengan jaringan mitra teknologi
dan pemasok untuk menciptakan solusi yang optimal bagi pelanggan.
Struktur
![](file:///C:\Users\DOKTRI~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image004.jpg)
Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk
mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang
(opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi
bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths,
weaknesses, opportunities, dan threats). SWOT akan lebih baik dibahas dengan
menggunakan tabel yang dibuat dalam kertas besar, sehingga dapat dianalisis
dengan baik hubungan dari setiap aspek.
Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau
proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan
yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan
dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat
faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya
adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage)
dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan
(weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities)
yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman
(threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan
(weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau
menciptakan sebuah ancaman baru.
Faktor Strategi
Internal
Faktor Strategi
Internal
|
|
Strengths
1. Strategi penjaminan produk yang baik dan berkualitas
tinggi dengan cara memberi garansi pada pelanggan.
2. Pemimpin pasar konsumen pci di dunia.
3. Perencanaan yang baik dan kerja sama yang baik dengan
para pemasok.
4.Mengaplikasikan
brand image perusahaan yang telah terbangun menjadi peluang bisnis yang dapat
menjadi revenue bagi perseroan.
|
Weaknesses
1. Penerapan safety di area facility and maintenance
technician.
2. Sering mendapatkan bahan baku dengan harga yang mahal sehingga
produksi mengalami keuntungan diluar purcasting.
3. Kurangnya kesadaran anggota akan hak dan kewajibannya
(partisipasi anggota rendah).
4. Pengelola yang kurang inovatif.
|
Faktor Strategi External
Faktor Strategi External
|
|
Kesempatan
1. Banyaknya pemain pasar nasional yang belum memiliki
produksi pcb yang berkualitas tinggi dan terjamin.
2. Saat ini masih penghasil produk PCB terbesar di
indonesia.
3. Daya beli masyarakat tinggi.
4. Adanya peluang pasar bagi komoditas yang dihasilkan
perusahaan.
5. Adanya aspek pemerataan yang diprioritaskan oleh
pemerintah.
6. Adanya investor yang ingin bekerjasama dengan
perusahaan.
7. Dukungan kebijakan dari pemerintah.
|
Ancaman
1. Makin banyaknya berkembang industri PCB dan componen.
2. Persaingan dalam perdagangan pemasaransemakin sempit.
3. Persaingan usaha yang semakin ketat.
4. terbatasnya penyebaran dan penyediaan teknologi secara
nasional bagi perusahaan.
5. Tarif harga yang ditetapkan pemerintah
|
Dari hasil
analisis internal dan eksternal SWOT PT. PCI elektronik Internasional gresik
untuk memperoleh strategi kompetitif dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
STRATEGI SO
1.
Meningkatkan kualitas dan pelayanan agar konsumen merasa puas
dan nyaman serta menarik konsumen baru.
2.
Meningkatkan kapasitas perusahaan dengan memanfaatkan
kemampuan kerja sama tim dan pengalaman perusahaan untuk meraih pasar potensial
STRATEGI ST
1.
PT. Pci yang sudah dikenal masyarakat akan memberikan
nilai positif bagi perusahaan sehinggakonsumen-konsumen tetap setia pada PT. Pci
2. kualitas, layanan antar jemput serta memperluas daya
jangkau sampai ke luar kota/jawa dengan promosi dan layanan internet.
3.
Melakukan strategi stok kertas untuk mengantisipasi
lonjakan harga bahan baku kertas
4.
Menjamin kualitas kertas dan hasil cetakan yang sempurna
dengan mengecek secara manual dengan harga murah agar konsumen tidak pindah
kepesaing.
STRATEGI WO
1.
Membeli mesis baru dan penambahan karyawan untuk
mempermudah dan mempercepat proses produksi.
2.
Dengan lebih meningkatkan promosi lewat internet serta
instansi seperti sekolah, took atau pkan pemerintah.
STUDI KASUS
Lingkungan Kerja Fisik Pt. Pci
Elektronik
Pci adalah sebuah perusahaan manufaktur yang memproduksi
barang barang elektronik. Salah satu produknya adalah TV. Dalam lini produksi,
ada proses perakitan PCB dengan resistor. Perusahaan tersebut ingin melakukan
penelitian di stasiun kerja perakitan tersebut. Hal ini bertujuan agar utilitas
pekerja dapat bekerja dengan maksimal.
Oleh karena itu, manajemen
perusahaan membentuk suatu tim riset untuk menganalisis factor-faktor penyebab
yang mempengaruhi produktivitas pekerja. Tim riset menyebarkan kuesioner kepada
para pekerja untuk mengetahui keluhan-keluhan selama bekerja. Dari hasil kuesioner,
ternyata dapat disimpulkan bahwa para pekerja merasa tidak nyaman dengan lingkungan
yang ada. Setelah mendapatkan hasil kuisioner, kemudian tim riset menyebar kuisioner
lagi, dengan menggunakan beberapa variable. Hasil dari kuisioner, ternyata
variable yang berpengaruh antara lain: vibrasi; kebisingan; temperature dan
pencahayaan.
Setelah itu, tim riset memulai
untuk melakukan penelitian tingkat vibrasi, kebisingan, pencahayaan dan
temperatur terhadap produktivitas. Input pada data yang akan mereka ambil adalah
nilai Vibrasi, Kebisingan, Pencahayaan, dan Temperatur yang dibagi menjadi 2
kelas, yaitu :
Rendah dan Tinggi. Sedangkan
output yang dihasilkan adalah berapa banyak resistor yang di buat untuk
dijadikan komponen pembuat TV. Output terbagi menjadi 3 kelas yaitu : Rendah ,
Sedang dan Tinggi.
Berdasarkan hasil data perusahaan
diperoleh sebagai berikut :
•Vibrasi rendah sebesar 2 Hz
dan tinggi sebesar 6 Hz.
•Kebisingan paling rendah
selama observasi adalah sebesar 60 db dan paling tertinggi selama pencatatan pernah mencapai 100 db.
•Pencahayaan rendah 200Lux,
sedangkan tertinggi 325Lux
•Temperatur rendah adalah 20 C
dan paling tinggi 30 C.
•Output yang dihasilkan
tertinggi mencapai 100 dan terendah mencapai 77
Daftar pustaka
1. Wawancara
dengan staft, hrd, pci elektronik international
PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
BalasHapusServices Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Keterangan tambahan :
1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
3. SPI-PI Besi Baja,
4. SPI-PI Produk Kehutanan,
5. SPI-PI Barang Bekas,
6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
7. Produk-produk Lartas SNI
8. LS ( Laporan Surveyor )
9. LS Alas kaki
10. LS Garment
11. LS Textile
12. LS Electronik
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id