Jumat, 13 Januari 2017

Company Profil PT. Pci Elektronik Internasional Batam


TUGAS MANDIRI
COMPANY PROFIL PT. PCI ELEKTRONIK INTERNASIONAL  BATAM


Image result for logo upbatam

DISUSUSN OLEH
NAMA                        : DOKTRIS EKA PUTRA.S
NPM                           : 130410068
KODE KELAS          : 161-EK542-M3


TEKNIK INDUSTRI
UNIVERSITAS PUTERA BATAM
2017

Company Profil PT. Pci Elektronik Internasional  Batam
            PT PCI Elektronik Internasional adalah perusahaan anak perusahaan dari PCI Limited. PCI Limited merupakan Elektronik Manufacturing Services (EMS) perusahaan terkemuka yang berkantor pusat di Singapura dengan 25 tahun pengalaman manufaktur di Batam. Kami melayani pelanggan OEM global, menawarkan jasa desain / manufaktur untuk telekomunikasi, otomatisasi kantor, industri, otomotif dan sektor medis.
Sejarah
            Kami mulai sebagai produsen papan sirkuit cetak di jantung Silicon Valley, San Jose, pada tahun 1972. Sebagai permintaan untuk teknologi tinggi meledak, kami menambahkan manufaktur LCD dan elektronik kontrak untuk berbagai layanan kami.
            Kami adalah salah satu perusahaan pelopor untuk mengidentifikasi Batam, Indonesia sebagai lokasi hemat biaya. Pabrik Batam kami didirikan pada tahun 1990 dan terus beroperasi hari ini.Pada tahun 1994, kami pergi publik dan menjadi tercatat di Bursa Efek Singapura.
            Pada tahun 2000, kami melakukan divestasi kami PCB dan manufaktur LCD lengan untuk sepenuhnya fokus pada kontrak manufaktur elektronik. Kami juga meramalkan munculnya Cina sebagai pabrik dunia dan mulai pabrik Shanghai kami pada tahun 2000. Hari ini, kita tumbuh melampaui menyediakan layanan hanya manufaktur; kami memiliki solusi desain yang dapat digunakan untuk keuntungan klien kami.
PCI adalah penyedia mampu dan dapat diandalkan elektronik global layanan manufaktur. Kami membantu Anda membawa produk ke pasar tepat waktu, dengan harga yang tepat dan dengan kualitas terbaik.

Visi PCI
Menjadikan perusahaan terkemuka di seluruh dunia.
Misi PCI
PCI bertujuan untuk menjadi teknologi tinggi global yang perusahaan jasa manufaktur elektronik terkemuka.
PCI memberikan kualitas tinggi, nilai tinggi dan solusi rantai pasokan tepat waktu dengan biaya yang kompetitif.
Strategi PCI adalah untuk memperluas kompetensi inti melalui aliansi dengan jaringan mitra teknologi dan pemasok untuk menciptakan solusi yang optimal bagi pelanggan.
Struktur


Analisis SWOT
            Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). SWOT akan lebih baik dibahas dengan menggunakan tabel yang dibuat dalam kertas besar, sehingga dapat dianalisis dengan baik hubungan dari setiap aspek.
            Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.





Faktor Strategi Internal
Faktor Strategi Internal
Strengths
1. Strategi penjaminan produk yang baik dan berkualitas tinggi dengan  cara memberi garansi pada pelanggan.
2. Pemimpin pasar konsumen pci di dunia.
3. Perencanaan yang baik dan kerja sama yang baik dengan para pemasok.
4.Mengaplikasikan brand image perusahaan yang telah terbangun menjadi peluang bisnis yang dapat menjadi revenue bagi perseroan.
Weaknesses
1.    Penerapan safety di area facility and maintenance technician.
2.    Sering mendapatkan bahan baku dengan harga yang mahal sehingga produksi mengalami keuntungan diluar purcasting.
3.    Kurangnya kesadaran anggota akan hak dan kewajibannya (partisipasi anggota rendah).
4.    Pengelola yang kurang inovatif.

Faktor Strategi External
Faktor Strategi External
Kesempatan
1.     Banyaknya pemain pasar nasional yang belum memiliki produksi pcb yang berkualitas tinggi dan terjamin.
2.     Saat ini masih penghasil produk PCB terbesar di  indonesia.
3.     Daya beli masyarakat tinggi.
4.     Adanya peluang pasar bagi komoditas yang dihasilkan perusahaan.
5.     Adanya aspek pemerataan yang diprioritaskan oleh pemerintah.
6.     Adanya investor yang ingin bekerjasama dengan perusahaan.
7.     Dukungan kebijakan dari pemerintah.
Ancaman
1.  Makin banyaknya berkembang industri PCB dan componen.
2.  Persaingan dalam perdagangan pemasaransemakin sempit.
3.  Persaingan usaha yang semakin ketat.
4.  terbatasnya penyebaran dan penyediaan teknologi secara nasional bagi perusahaan.
5.  Tarif harga yang ditetapkan pemerintah

Dari hasil analisis internal dan eksternal SWOT PT. PCI elektronik Internasional gresik untuk memperoleh strategi kompetitif dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
STRATEGI SO
1.      Meningkatkan kualitas dan pelayanan agar konsumen merasa puas dan nyaman serta menarik konsumen baru.
2.      Meningkatkan kapasitas perusahaan dengan memanfaatkan kemampuan kerja sama tim dan pengalaman perusahaan untuk meraih pasar potensial
STRATEGI ST
1.      PT. Pci yang sudah dikenal masyarakat akan memberikan nilai positif bagi        perusahaan sehinggakonsumen-konsumen tetap setia pada PT. Pci
2.      kualitas, layanan antar jemput serta memperluas daya jangkau sampai ke luar kota/jawa dengan promosi dan layanan internet.
3.       Melakukan strategi stok kertas untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan baku kertas
4.      Menjamin kualitas kertas dan hasil cetakan yang sempurna dengan mengecek secara manual dengan harga murah agar konsumen tidak pindah kepesaing.
STRATEGI WO 
1.      Membeli mesis baru dan penambahan karyawan untuk mempermudah dan mempercepat proses produksi. 
2.      Dengan lebih meningkatkan promosi lewat internet serta instansi seperti sekolah, took atau pkan pemerintah.

STUDI KASUS
Lingkungan Kerja Fisik Pt. Pci Elektronik
Pci adalah sebuah perusahaan manufaktur yang memproduksi barang barang elektronik. Salah satu produknya adalah TV. Dalam lini produksi, ada proses perakitan PCB dengan resistor. Perusahaan tersebut ingin melakukan penelitian di stasiun kerja perakitan tersebut. Hal ini bertujuan agar utilitas pekerja dapat bekerja dengan maksimal.
Oleh karena itu, manajemen perusahaan membentuk suatu tim riset untuk menganalisis factor-faktor penyebab yang mempengaruhi produktivitas pekerja. Tim riset menyebarkan kuesioner kepada para pekerja untuk mengetahui keluhan-keluhan selama bekerja. Dari hasil kuesioner, ternyata dapat disimpulkan bahwa para pekerja merasa tidak nyaman dengan lingkungan yang ada. Setelah mendapatkan hasil kuisioner, kemudian tim riset menyebar kuisioner lagi, dengan menggunakan beberapa variable. Hasil dari kuisioner, ternyata variable yang berpengaruh antara lain: vibrasi; kebisingan; temperature dan pencahayaan.
Setelah itu, tim riset memulai untuk melakukan penelitian tingkat vibrasi, kebisingan, pencahayaan dan temperatur terhadap produktivitas. Input pada data yang akan mereka ambil adalah nilai Vibrasi, Kebisingan, Pencahayaan, dan Temperatur yang dibagi menjadi 2 kelas, yaitu :
Rendah dan Tinggi. Sedangkan output yang dihasilkan adalah berapa banyak resistor yang di buat untuk dijadikan komponen pembuat TV. Output terbagi menjadi 3 kelas yaitu : Rendah , Sedang dan Tinggi.
Berdasarkan hasil data perusahaan diperoleh sebagai berikut :
•Vibrasi rendah sebesar 2 Hz dan tinggi sebesar 6 Hz.
•Kebisingan paling rendah selama observasi adalah sebesar 60 db dan paling tertinggi     selama pencatatan pernah mencapai 100 db.
•Pencahayaan rendah 200Lux, sedangkan tertinggi 325Lux
•Temperatur rendah adalah 20 C dan paling tinggi 30 C.
•Output yang dihasilkan tertinggi mencapai 100 dan terendah mencapai 77

Daftar pustaka
1.      Wawancara dengan staft, hrd, pci elektronik international

1 komentar:

  1. PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Keterangan tambahan :
    1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
    2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
    3. SPI-PI Besi Baja,
    4. SPI-PI Produk Kehutanan,
    5. SPI-PI Barang Bekas,
    6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
    7. Produk-produk Lartas SNI
    8. LS ( Laporan Surveyor )
    9. LS Alas kaki
    10. LS Garment
    11. LS Textile
    12. LS Electronik

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
    Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id

    BalasHapus